Breaking News

Apa itu Black Hole /Lubang Hitam?


Lubang hitam adalah tempat di ruang di mana gravitasi menarik begitu banyak sehingga cahaya pun tidak bisa keluar. Gravitasi sangat kuat karena materi telah diperas menjadi ruang kecil. Ini bisa terjadi ketika sebuah bintang sedang sekarat.

Karena tidak ada cahaya yang bisa keluar, orang tidak bisa melihat lubang hitam. Mereka tidak terlihat. Teleskop ruang angkasa dengan alat khusus dapat membantu menemukan lubang hitam. Alat khusus dapat melihat bagaimana bintang yang sangat dekat dengan lubang hitam bertindak berbeda dari bintang lain.

Seberapa Besar Black Hole/Lubang Hitam?

Lubang hitam bisa besar atau kecil. Para ilmuwan berpikir lubang hitam terkecil sekecil hanya satu atom. Lubang hitam ini sangat kecil tetapi memiliki massa gunung yang besar. Massa adalah jumlah materi, atau "barang," dalam suatu objek.

Jenis lubang hitam lain disebut "bintang". Massanya dapat mencapai 20 kali lebih banyak daripada massa matahari. Mungkin ada banyak, banyak lubang hitam massa bintang di galaksi Bumi. Galaksi Bumi disebut Bima Sakti.

Lubang hitam terbesar disebut "supermasif." Lubang hitam ini memiliki massa yang lebih dari 1 juta matahari bersama. Para ilmuwan telah menemukan bukti bahwa setiap galaksi besar mengandung lubang hitam supermasif di pusatnya. Lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti disebut Sagittarius A. Ini memiliki massa yang sama dengan sekitar 4 juta matahari dan akan muat di dalam bola yang sangat besar yang bisa menampung beberapa juta Bumi.


Bagaimana Bentuk Black Hole/Lubang Hitam?

Para ilmuwan berpikir lubang hitam terkecil terbentuk ketika alam semesta dimulai.Lubang hitam bintang dibuat ketika pusat bintang yang sangat besar jatuh ke atasnya, atau runtuh. Ketika ini terjadi, itu menyebabkan supernova. Supernova adalah bintang meledak yang meledakkan bagian bintang ke angkasa.


Para ilmuwan berpikir bahwa lubang hitam supermasif dibuat pada saat yang sama dengan galaksi yang mereka masuki.


Jika Lubang Hitam Apakah "Hitam," Bagaimana Para Ilmuwan Tahu Mereka Ada di Sana?

Lubang hitam tidak dapat dilihat karena gravitasi yang kuat menarik semua cahaya ke tengah lubang hitam. Tetapi para ilmuwan dapat melihat bagaimana gravitasi yang kuat mempengaruhi bintang dan gas di sekitar lubang hitam. Para ilmuwan dapat mempelajari bintang untuk mengetahui apakah mereka terbang di sekitar, atau mengorbit, sebuah lubang hitam. Ketika lubang hitam dan bintang saling berdekatan, cahaya berenergi tinggi dibuat. Cahaya semacam ini tidak bisa dilihat dengan mata manusia. Para ilmuwan menggunakan satelit dan teleskop di ruang angkasa untuk melihat cahaya berenergi tinggi.


Mungkinkah Black Hole/Lubang Hitam Bisa Menghancurkan Bumi?

Lubang hitam tidak berputar-putar di angkasa, bintang dan planet. Bumi tidak akan jatuh ke dalam lubang hitam karena tidak ada lubang hitam yang cukup dekat dengan tata surya bagi Bumi untuk melakukan itu. Bahkan jika lubang hitam memiliki massa yang sama dengan matahari untuk menggantikan matahari, Bumi tetap tidak akan jatuh. Lubang hitam akan memiliki gravitasi yang sama dengan matahari. Bumi dan planet-planet lain akan mengorbit lubang hitam saat mereka mengorbit matahari sekarang. Matahari tidak akan pernah berubah menjadi lubang hitam. Matahari bukanlah bintang yang cukup besar untuk membuat lubang hitam.


Bagaimana Cara NASA Mempelajari Black Hole /Lubang Hitam?

NASA menggunakan satelit dan teleskop yang melakukan perjalanan di ruang angkasa untuk mempelajari lebih lanjut tentang lubang hitam. Pesawat antariksa ini membantu para ilmuwan menjawab pertanyaan tentang alam semesta.

Source : www.nasa.gov

1 comment: